MENGENAL ZAT-ZAT GIZI DALAM MAKANAN

0 komentar
Makanan terdiri dari unsur-unsur karbohidrat, protein,  lemak, mineral, dan vitamin. Agar dapat mengkombinasikan makanan ini dengan tepat, sebaiknya terlebih dahulu mengenal unsur-unsur ini satu per satu.

KARBOHIDRAT
Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama bagi manusia dan hewan. Semua karbohidrat berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ada dua golongan karbohidrat yakni jenis kompleks dan jenis sederhana. Yang pertama mempunyai ikatan kimiawi lebih dari satu rantai glukosa, sedangkan yang lain hanya satu rantai glukosa. Di dalam tubuh, karbohidrat kompleks harus diurai menjadi rantai tunggal dulu sebelum diserap ke dalam aliran darah. Sebaliknya karbohidrat sederhana langsung masuk ke dalam aliran darah.
Contoh karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, umbi-umbian, dan jagung. Karbohidrat sederhana seperti es krim, jelly, selai, sirup, minuman ringan, dan permen.

PROTEIN
Protein berfungsi untuk membangun dan memelihara sel-sel dalam tubuh. Protein terdiri atas susunan unit-unit asam amino, yang terdiri atas unsur-unsur  nitrogen, karbon, hidrogen dan oksigen. Molekul protein lebih lebih kompleks daripada molekul karbohidrat dan lemak.
Protein dapat diperoleh dari hewan dan tumbuhan (nabati). Contoh protein hewani adalah daging, unggas, susu, telur, ikan dan kerang. Sumebr protein nabati adalah kacang kedelai dan hasilnya, seperti tempe dan tahu, serta kacang-kacangan lainnya.

LEMAK
Lemak merupakan sumber energi berkonsentrasi tinggi yang dapat menghasilkan energi lebih dari dua kali energi karbohidrat dan protein. Lemak umumnya terdiri atas unsur-unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.
Sumber utama lemak adalah minyak tumbuh-tumbuhan (minyak kelapa, kelapa sawit, kacang tanah, kacang kedelai, jagung, dsb), mentega, margarin dan lemak hewan (lemak daging dan ayam). Sumber lemak lain adalah kacang-kacangan, biji-bijian, daging dan ayam gemuk, krim, susu, keju dan kuning telur, serta makanan yang dimasak dengan lemak atau minyak. Sayur dan buah (kecuali adpokat) sangat sedikit mengandung lemak.

MINERAL
Dibanding dengan kebutuhan karbohidrat, protein, dan lemak, tubuh hanya memerlukan mineral dalam jumlah kecil. Namun, meskipun jumlahnya sedikit, kebutuhan mineral tidak boleh diabaikan.
Mineral digolongkan  ke dalam mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg sehari, sedangkan mineral mikro dibutuhkan dalam jumlah kurang dari 100 mg sehari.
Mineral makro, terutama natrium, klor dan kalium berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh. Natrium, kalium, kalsium dan magneium diperlukan untuk transmisi saraf dan kontraksi otot. Fosfor dan magnesium terlibat dalam metabolisme energi. Kalsium, fosfor, dan magnesium memberi bentuk (struktur) pada tulang.
Mineral mikro terdapat dalam jumlah yang sangat kecil di dalam tubuh dan berperan vital bagi tubuh. Mineral mikro misalnya besi (Fe), seng (Zn), iodium (I) dan selenium (Se). Dan beberapa mineral lain yang masih dalam penelitian. Mineral mikro berfungsi dalam proses pembentukan energi, pembentukan DNA dan RNA, membantu fungsi kelenjar tiroid, katalisator dalam pemecahan protein, dan sebagainya.

VITAMIN
Vitamin adalah zat-zat organik yang berfungsi sebagai zat pengatur pertumbuhan dan pemeliharaan. Vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang sangat sedikit, pada umumnya tidak dapat dibentuk didalam tubuh, maka harus didatangkan dari makanan sehari-hari.
Vitamin digolongkan dalam vitamin larut lemak dan vitamin larut air. Vitamin larut lemak terdiri dari vitamin A, D, E, dan K sedangkan vitamin larut air adalah vitamin C dan B kompleks .
Vitamin A berperan dalam fungsi faali tubuh antara lain sebagai berikut: penglihatan, pertumbuhan, reproduksi, pemeliharaan jaringan dan pembentukan tulang. Sumber vitamin A adalah hati, kuning telur, susu (di dalam lemaknya) dan mentega. Vitamin A juga bisa didapat dari sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuning-jingga dan hijau.
Fungsi utama vitamin D adalah membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang. Vitamin D diperoleh tubuh melalui sinar matahari dan makanan terutama makanan yang berasal dari hewan, yaitu telur, susu, mentega dan minyak hati ikan.
Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel darah putih sehingga berperan serta dalam sistem pertahanan imun tubuh. Sumber utama vitamin E adalah minyak tumbuh-tumbuhan, biji-bijian dan kecambah. Sayur dan buah-buahan juga merupakan sumber vitamin E yang baik serta daging, unggas dan ikan mengandung vitamin E dalam jumlah terbatas.
Vitamin K diperlukan untuk penggumpalan darah dan sintesis protein pada tulang. Sumber utama vitamin K adalah hati, sayurandaun berwarna hijau, kacang buncis, dan brokoli.
Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.Vitamin C didapat dari buah-buahan dan sayuran hijau.
Vitamin B Kompleks dapat mencegah penyakit beri-beri,pelepasan energi dari karbohidrat dan lain-lain. Vitamin B tersedia dalam bahan makan seperti daging, ikan, unggas, telur, serealia utuh dan kacang-kacangan.

Makanan sehari-hari jika dikombinasikan dengan tepat maka semua zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh niscaya akan dapat terpenuhi.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar